COBEKKU SAYANG COBEKKU MALANG

Meski jaman sudah maju, peralatan dapur sudah banyak yang canggih, cobek masih merupakan barang penting di dapur saya.

Sekali waktu saya pernah enggak punya cobek. Waktu itu baru pindah ke Shanghai – Cina. Pindahnya buru buru nggak ada persiapan sehingga nggak sempet bawa ini itu. Kasak kusuk ke teman teman Indonesia di Shanghai cari pinjaman, siapa tau ada yang punya lebihan. Sampai sampai dikomentari suami, ngapain susah susah nyari cobek. Kan ada food processor.

Yaela, beda tho kang. Cobek nyucinya gampang. Kalau food processor ribet nyucinya, ngisinyapun juga musti banyak. Diisi seuprit buat nyambel enggak bisa. Bikin tempe penyet yo ra iso pake food processor. Enaknya lagi, cobek nggak butuh listrik dan bisa bikin tangan keker. Nggak perlu barbel kan.

Untungnya ada teman yang berbaik hati meminjamkan cobeknya. Senengnya. Hampir tiap hari bikin sambel. Kadang bikin bumbupun juga pake cobek kalau males sama food processor.

Dari situlah suami saya tahu, betapa tergantungnya saya sama cobek. Suami juga mulai ketularan makan sama sambel. Bahkan salah satu makanan kegemarannya adalah spaghetti yang disiram sambel terasi.

Beberapa bulan kemudian sewaktu ada kesempatan untuk mudik ke Indonesia, saya membeli cobek buat dibawa ke Shanghai. Dan cobek pinjaman dikembalikan ke pemilik asal.

Selesai masa tugas di Shanghai, pulang ke Indonesia tapi cobeknya nggak dibawa melainkan dihibahkan ke teman Indonesia yang membutuhkan. Karena toh gampang nyari cobek di Indonesia.

Beberapa bulan di Indonesia, lantas pindah ke Amerika Serikat. Enggak mau kelimpungan seperti di Shanghai, maka jauh hari sebelum berangkat saya ke pasar Genteng beli cobek. Meskipun di Amerika ada yang jual cobek, harganya menetehen. 30 dolar mbok.

Yang repot sewaktu akan dibawa. Dimasukkan koper, lha kok overweight. Nanti suruh bayar kelebihan berat gara gara cobek. Padahal barang imut gini. Kopernya dah penuh makanan.

Akhirnya suami ngasih jalan keluar, sini deh aku bawa aja. Aku masukkin ransel. Hah?

Melongo saya dibuatnya. Cobek naik jabatan. Masuk kabin pesawat.

Cobeknya kan kecil, bisa dianggap barang tentengan. Nggak bakal menuh2in tas. Hanya masalah beratnya aja. Ntar naruhnya dipisah antara cobek dan munthu biar nggak mengundang kecurigaan pemeriksaan di bandara. Begitu alasan suami saya.

Ya deh, saya manut.

Dari Surabaya ke Twin Cities, pesawat singgah di beberapa kota. Jakarta, Singapura, Tokyo dan terakhir St. Paul.

Transit di Jakarta nggak ada masalah. Ransel isi cobek lewat dengan mulus tanpa ada pertanyaan.

Mulai dari Singapura nih, bikin petugas bandara yang biasanya bertampang serem jadi bisa tersenyum lebar.

Suami diminta membuka tasnya dan mengeluarkan barang yang dicurigai.

Apa tuh barang hitam bulat?

Oh,ini mortar and pestol. Buat menghancurkan bumbu masak.

Nampaknya petugas nggak mudeng. Mukanya masih nyureng tanda tak mengerti. Jurus lainpun dikeluarkan. Suami saya memperagakan orang menguleg tanpa munthu. Di depan orang banyak.

Si petugaspun manggut manggut sambil tersenyum lebar. Nampaknya lucu buat mereka. Cobekpun lolos.

Di Tokyo begitu juga, peragaan menguleg di depan orang banyak terjadi lagi. Lagi lagi mengundang senyum lebar sang petugas. Kali ini sambil geleng geleng kepala.

Sesampainya di St. Paul, sami mawon. Adegan nguleg di depan orang banyak terjadi lagi.

Setahun di Eden Prairie, kami pindah ke Duluth. Makin ke Utara. Cobek juga ngikut. Baru juga beberapa bulan, munthunya pecah jadi dua.

Ceritanya gini:

Si Menik pengen makan durian. Kamipun memesan durian di satu satunya toko Asia di Duluth. Mintanya durian yang isinya saja. Kalau yang buah utuh, isinya terlalu banyak. Yang makan juga cuma kami berdua. Bapaknya si Menik ora doyan.

Ndilalah kok yang datang buah utuh segede kepala bagong. Mau ditolak, kok ya kasihan. Nggak ada yang beli.

Ya udah, akhirnya buah durian berpindah tangan. Nyampe rumah nggak langsung dibuka, soalnya masih beku. Keras seperti batu. Musti didiamkan semalam, baru keesokan harinya bisa dibelah.

Semalaman itu, ada mungkin 4 atau 5 kali si Menik nengok ke dapur ketok ketok si buah.

“When I can eat it?”

“I think it’s ready now, bunda.”

“Aku luwe, bisa dibuka saiki nggak?”

Hadoh, grisinen kupingku. Risih ngliat Menik mondar mandir ke dapur ngambusi durian. Antara kasihan, gemes dan nggak sabar sayapun ngambil pisau dapur andalan saya yang besar. Itu pisau yang paling gede yang saya punya. Pisaunya seperti punya tukang mi gerobak dorong. Buat nggeprek bawang, buat nyacah daging, buat nyacah sayur. Multi fungsi deh. Besar dan tebal.

Pisau diayunkan untuk membuka durian. Buah nggak bergeming blas. Pisaunya malah nancep dan nggak bisa ditarik. Ganti taktik, buahnya sekarang yang diayun ayunkan ke lantai dengan pisau yang masih menempel di buah sebagai pegangannya. Mata pisau berhasil masuk lebih dalam. Tapi buah masih belum bisa dibuka.

Setengah jam berjibaku menaklukkan durian, si buah hanya terkoyak sedikit. Durinya aja yg rontok mengotori lantai. Akhirnya kepikiran untuk menggunakan munthu sebagai bala bantuan.

Pisau yang masih setia menancap di buah durian, didorong dengan cara dipukul pake munthu sekencang kencangnya. Sekali, dua kali. Nggak bergerak blas.

Akhirnya dipukul bertubi tubi dan…mak glodhak.


Munthu patah jadi dua. Dan durian masih teronggok utuh dengan manisnya. Seolah ngejek.

Byuh, munthu cuma ada satu satunya, patah pula. Nggak jadi pesta durian. Menik yang merasa bersalah ndepipis di pojokan. Kali ini manut disuruh nunggu sampe besok.

Nasib si munthu masih bagus karena nggak saya buang. Masih bisa digunakan buat nguleg meskipun susah karena nggak ada serep.

Sekarang saya sudah punya dua set cobek dan munthu. Yang kecil buat nyambel, yang agak besar buat nguleg bumbu. Munthu yang patah belum sempat dibuang, malah sama suami mau coba disambung.

Pulang kampung nanti pengen beli lumpang batu. Yang kecil aja sih, buat bikin sambel ala Toraja. Kira kira kangmas mau nggak ya nenteng di ranselnya? Hehehehehe…musti dirayu dulu nih.

42 thoughts on “COBEKKU SAYANG COBEKKU MALANG

  1. cutyfruty said: Lha piloté nganggo topi biasa kok, helmé ditinggal nang omah, disilih bojoné dinggo ganti cobek. he..he..he..

    waqaqaqa….Koyok cobeknya bakul tahu tek tek nek ngono.Ojo2 multi fungsi. Helm, cobek, cibuk nggo adus. Hahahahaha..

  2. srisariningdiyah said: oalaah mbakkknek kempinge nggawa mobil seh aku gelem nggawa cobek munthu ko batu…ning nek ngangkot ya aku wegyah hahahhaa… ning aku tau nyoba kog nggawa cobek + munthu pas kemping, ning ko kayu whahahahaha…*ga mau rugi tenaga*tapi teteeeep beda lah rasanya pake cobek batu & kayu…

    kuwi kempinge nggeret karavan, dadi yo nggowo cowek + munthu. Yen rangselan, ora nggowo. Hehehehe..Ancen bedo rasane cowek watu karo kayu. Tapi yen kemping, ra ono panganan sing ra enak. Enakkkk kabeh. Nyeplok endhog ae enake ra jamak.

  3. leoariefbudiman said: wah…ntar aku harus di bikinkan sambel nih….penasaran pingin nyoba sambelnya mbak evi…

    oalaah mbakkknek kempinge nggawa mobil seh aku gelem nggawa cobek munthu ko batu…ning nek ngangkot ya aku wegyah hahahhaa… ning aku tau nyoba kog nggawa cobek + munthu pas kemping, ning ko kayu whahahahaha…*ga mau rugi tenaga*tapi teteeeep beda lah rasanya pake cobek batu & kayu…

  4. cahayahati said: Aku dan suamiku juga punya cobek favorit, sampai pulang dari Jerman pun dibawa-bawa … soalnya itu si cobek seumur kami di Jerman dan bentuk serta ukuraannya unik, jadi gak tega dihibahkan ke orang, ngawur banget yah ….

    Itulah enaknya pake cobek, nyucinya gampang.waduh….sampek punya cobek favorit. Tapi kalau emang dah cocok, nggak bisa pisah. Hehehe…wis kadung jodho.

  5. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    wah…ntar aku harus di bikinkan sambel nih….penasaran pingin nyoba sambelnya mbak evi…

  6. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    hihihih iyaaaa banget, aku juga males pakai food processor dengan pertimbangan males nyuci, kita nih tradisional banget yah hehehe ….Aku dan suamiku juga punya cobek favorit, sampai pulang dari Jerman pun dibawa-bawa … soalnya itu si cobek seumur kami di Jerman dan bentuk serta ukuraannya unik, jadi gak tega dihibahkan ke orang, ngawur banget yah ….

  7. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    sewengi mikir nganti mumet, ER ki opo tho?bareng tak pikir maneh, ER bisa jadi jeneng ibune Alex kuwi yo. Sing omahe neng Queen kuwi lho mbak :))

  8. elkaje said: Vi, kalau aku masih fanatik cobek dan lumpang gunung merapi yang belinya di muntilan… di jamin ndak licin, kesat terus sampe batunya tipis. tapi ya itu…beraaat banget. ntar kalau bawa lumpang, siap2 demo numbuk di tiap pemeriksaan bandara. hahaha…

    Ini batu juga kok mbak, dan belinya di pasar Genteng. Yang lumpang itu nantinya juga pengen beli di Muntilan. Pernah ngobrol sama Haley masalah ini. Hahahaha…embuh ki, bojo opo yo sik gelem bawa lumpang di ranselnya. Atau kalau nggak, tunjukkin foto cara pake lumpang.

  9. shedariy said: cowekmu apik mba…iso ireng thuntheng gitu..

    Kan dari batu An. Mulakno iso ireng thuntheng ngono.Sambel terasi ambune ancen tekan ngendi2. Nek wong Jowo mambu terasi klenger mergo kepengen. Nek wong kene mambu terasi klenger dikiro bathang tikus. Hihihihi…

  10. androsa said: baru dengar spaghetti sambal terasi.. lucu dan menggoda bener

    Vi, kalau aku masih fanatik cobek dan lumpang gunung merapi yang belinya di muntilan… di jamin ndak licin, kesat terus sampe batunya tipis. tapi ya itu…beraaat banget. ntar kalau bawa lumpang, siap2 demo numbuk di tiap pemeriksaan bandara. hahaha…

  11. androsa said: baru dengar spaghetti sambal terasi.. lucu dan menggoda bener

    cobek emang tiada duanya…teman sekamar waktu haji dulu yo mbawa cobek, tapi yang gerabah ben gak abot…wah sambel terasi dan nasi goreng jawa kita bisa bikin orang sak penginapan klenger…menyesal gak nggowo cobek..hehehe

  12. androsa said: baru dengar spaghetti sambal terasi.. lucu dan menggoda bener

    Enak lho. Fusion food. Sambelnya jangan sedikit. Sekalian semangkok mie gitu. Toh nggak pedes. Kalau mau pedes juga bisa, tinggal tambahin cabe yang banyak.

  13. elkaje said: wah..munthu kalah ama duren ya? hahaha…lumpang batu lebih abot timbang cobek Vi.

    Hehehehehe…durennya beku, yo jelas kalah. nyari lumpang yang kecil mbak biar bisa muat ke ransel, meskipun berat.

  14. thetrueideas said: mbak, lain kali kalo mbawa cobek dirangsel, coba bawa foto2 bagaimana cobek digunakan, jadi tidak tiap bandara ada peragaan nguleg 🙂

    Wah suwun saranne mas. Kok nggak kepikiran dari dulu2 ya. Tapi lumayan juga sih, bisa bikin tampang petugas yg biasanya mahal senyum jadi cengengesan.

  15. ningnong said: hahahaha seruuu dengan perjuangan bawa cobek + munthu.. emang gak ada yang ngalahin rasa bumbu uleg ya mba

    Betulllll. Beda rasanya antara bumbu yg diuleg ama bumbu di FP.

  16. linasalim said: betul sekali, rasa bahan yang diulek dgn yang diblender/diproses dgn food processor, beda jauh, smg bisa pulang RI & bw pasangan cobeknya lagi ya…………….tcgbu

    iya betul. Mudah2an pulang bisa beli lumpang.

  17. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    wah..munthu kalah ama duren ya? hahaha…lumpang batu lebih abot timbang cobek Vi.

  18. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    mbak, lain kali kalo mbawa cobek dirangsel, coba bawa foto2 bagaimana cobek digunakan, jadi tidak tiap bandara ada peragaan nguleg 🙂

  19. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    hahahaha seruuu dengan perjuangan bawa cobek + munthu.. emang gak ada yang ngalahin rasa bumbu uleg ya mba

  20. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    betul sekali, rasa bahan yang diulek dgn yang diblender/diproses dgn food processor, beda jauh, smg bisa pulang RI & bw pasangan cobeknya lagi ya…………….tcgbu

  21. erm718 said: lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

    Ealaaaa…..durung sempet mbalang wis dicokok disik.

  22. enkoos said: membajak pesawat pake cobek? *garuk garuk sirah*wooo wis ditulis tah? siap meluncur ke tkp.

    lhooo… sapa bilang cobek ga bisa dibuat senjata, nek dibalangke ke sirah lak yo kudu digowo lungo ER tho mbak…. hahahaaa :)))

  23. srisariningdiyah said: kemping bawa sambel dah jadi apa bawa munthu & cobeknya mbakkk???

    Ya bawa cobek dan munthu tho rek. Kalau sambel homemade dibawa kemping, sido bosok. Bahan2 sambel kan bisa beli dimana mana. Lha cobek munthu, nyari dimana?

  24. cutyfruty said: Sekarang masih boleh bawa benda berat kayak gitu di pesawat? Lha saiki perasaan pemeriksaannya kok makin ketat……wong karepe arep nyambel tapi dikiro mau membajak pesawat pake cobek rak yo payah yo….Oh ya, itu aku sudah posting penggunaan actifry. Dulu kan tanya to. Aku posting di bagian foto karena waktu itu aku ngga bisa posting di bagian blog.

    membajak pesawat pake cobek? *garuk garuk sirah*wooo wis ditulis tah? siap meluncur ke tkp.

  25. erm718 said: wah menu exotic tenan,spaghetti toppingnya sambel trasi :Dnek lumpang mengko dikiro nyelundupin benda purbakala piye mbak? hahahaaaa….

    xixixxii…opomaneh lumpange ibu wis gupil. Nek dikiro benda purbakala, yo ben kono disita.

  26. srisariningdiyah said: hahahhaaaaa aku juga paaaaaling suka sambel ulek buatan sendiri mbakkk…. narsis ya… tapi ibu bapakku juga suka kog hahaha… kciyan bgt itu munthuuu….

    Sekarang masih boleh bawa benda berat kayak gitu di pesawat? Lha saiki perasaan pemeriksaannya kok makin ketat……wong karepe arep nyambel tapi dikiro mau membajak pesawat pake cobek rak yo payah yo….Oh ya, itu aku sudah posting penggunaan actifry. Dulu kan tanya to. Aku posting di bagian foto karena waktu itu aku ngga bisa posting di bagian blog.

  27. srisariningdiyah said: hahahhaaaaa aku juga paaaaaling suka sambel ulek buatan sendiri mbakkk…. narsis ya… tapi ibu bapakku juga suka kog hahaha… kciyan bgt itu munthuuu….

    wah menu exotic tenan,spaghetti toppingnya sambel trasi :Dnek lumpang mengko dikiro nyelundupin benda purbakala piye mbak? hahahaaaa….

  28. srisariningdiyah said: hahahhaaaaa aku juga paaaaaling suka sambel ulek buatan sendiri mbakkk…. narsis ya… tapi ibu bapakku juga suka kog hahaha… kciyan bgt itu munthuuu….

    hehehehhe…sambel ulek homemade memang tak ada duanya. Kemping aja tak bawa bawa lho.

Leave a reply [Please don't spam but OOT is highly appreciated :P]